Kamis, 22 Agustus 2013

Laporan Keuangan SAKPA

Di blog ini saya selipkan pembuatan laporan keuangan pemerintahan dengan Aplikasi SAKPA. Sebenarnya membuat laporan ini mudah dan semunya bisa, namun untuk petugas baru tentu sedikit membingungkan. jadi saya share sedikit ya..masih banyak kekurangannya dan akan ada perubahan aplikasi setiap tahunnya...update terus di aplikasi perbendaharan.go.id atau web kppn setempat ya ^-*

Periode Laporan SAKPA dan yang harus dipersiapkan

BULANAN

Untuk laporan bulanan paling lambat tanggal 7 hari kalender bulan berikutnya. Contoh, untuk laporan bulan Januari dikerjakan di awal Februari.
Bahan yang harus dipersiapkan (Kebanyakan bikin Resep kue)
1. Backup data pagu dan transaksi dari Aplikasi SPM
2. SPM dan SP2D laporan bulan yang akan dikerjakan
3. Rekening koran bulan laporan.

Langkah-langkah yang harus dilakukan :
1. Pastikan Aplikasi SPM dan SAKPA berada dalam satu PC/Laptop
2. Perhatikan Update aplikasi dan referensi, gunakan yang terbaru (bisa cek di perbendaharaan.go.id atau tanya langsung ke KPPN setempat)
3. Buka Aplikasi SPM, masukkan username dan pasword.
4. Di Aplikasi SPM
- Klik menu utility;restore data pagu dan transaksi; ambil filenya ; klik ok
- Klik menu SPM; Catat Nomor SP2D; pada bagian kiri atas tanggal SPM tuliskan periode tanggal SPM.Misal laporan bulan Januari maka tulis tanggal (01-01-2013) s.d (31-01-2013)
- Akan keluar SPM yang telah dicetak, isi kolom SP2D dan Tanggal SP2D, Bank pos tuliskan kode bank yang ada (jika hanya satu tuliskan 001/isi dulu kolom referensi Bank)
- Setelah selesai menuliskan nomor SP2D klik simpan
- Klik lagi Menu SPM; Load Master; centang semua data yang akan diload; klik proses load.
- Selesai dan langsung buka aplikasi SAKPA
5. Di Aplikasi SAKPA
- Masukkan username dan password
- Pilih menu Transaksi;Copy SPM & SP2D dari aplikasi SPM; masukkan user name dan pasword aplikasi SPM;klik koneksi
- Tulis tanggal SPM & SP2D bulan pelaporan Misal ( 01-01-2013) s.d (31-01-2013)
- Klik proses
6. Data SPM & SP2D telah selesai, cek neraca; jika ada tulisan belum disesuaikan berarti ada data yang harus dimasukkan oleh Petugas SIMAK BMN.
7. Masukkan SSBP (PNBP) dan SSPB (Pengembalian Belanja) bulan bersangkutan
8. Rekonsiliasi Ke KPPN
9. Jika sudah cocok, cetak laporan.

LAPORAN YANG HARUS DISERTAKAN UNTUK LAPORAN BULANAN
1. Neraca SAKPA Periode bulan bersangkutan
2. Neraca SIMAK BMN Periode bulan bersangkutan
3. Laporan Realisasi Anggaran Belanja
4. Laporan Pengembalian Belanja
5. Laporan Realisasi Pendapatan
6. Laporan Pengembalian Pendapatan
7. Rekonsiliasi BMN (periode berjalan dan rekonsiliasi SPM BMN)
8. Berita Acara Rekonsiliasi (BAR) dengan KPPN setempat
9. Rekening koran dan laporan keadaan rekening bendahara

Jangan lupa kalau sudah beres, kirim Back Up ke eselon I via email Ya ^-*

Berlanjut ya....masih ada laporan Tri Wulan, Semesteran dan Tahunan.

Salam Pelaporan ^-*




Tidak ada komentar:

Posting Komentar