Kamis, 21 November 2013

BREASTFEEDING WITH LOVE

waduuh..pusing, anakku ga bisa dibilangin nakal banget...Ga mau denger kata orangtuanya. padahal semua maunya sudah diturutin.

Ups..sebelum kesel sama anak coba cek lagi ke belakang yuk....
waktu kecil haknya ditunaikan ga bunda? Apakah dia di beri ASI yang menjadi haknya?

apa hubungannya sih? ASI bukan sekedar memberi dia minum, tapi memberinya cinta. Perasaan cinta itu tersalurkan saat bunda memeluknya, membelai wajah mungilnya dan menyusui sambil memegang tangannya. Ada senyum bunda disana, ada kehangatan dan senyum tulus bayi kita disana.

Saat itulah sang bayi merasakan kehadiran bunda. membutuhkan bunda. Sedih lho..kalau ada atau tidak ada bunda si bayi ngerasa baik-baik saja. Kenapa? ya ga ada bunda pun dia masih bisa minum susu botol, yang bisa dibuatkan oleh nenek, si mbaknya ataupun orang lainnya. Terus, sudah besar nanti mereka pun jadi terbiasa tidak ada kita. Sedih ah...

Wah, ASI saya keluar sedikit? Mm..sudah usaha belum bunda? Kalau dari penelitian, hanya ibu-ibu yang punya penyakit keras seperti kanker dll yang mengharuskan minum obat dalam jangka panjang yang tidak bisa memberikan ASI pada sang anak. Atau jika ibu meninggal dunia saat persalinan, itu diluar kuasa kita sebagai manusia.

Bayi saya rakus, nangis terus kalau cuma di beri ASI. ya..itu semua memang faktor kebiasaan. Kalau dia biasa pake dot botol, awalnya memang akan menangis. Kan penyesuaian bunda. Dan Allah itu maha hebat dalam menciptakan makhluknya, kenapa waktu awal lahir ASI masih sedikit? karena kebutuhan bayi baru lahir juga masih sedikit. Kalau dia menangis terus, coba cari penyebab lainnya. Mungkin dia masih masa penyesuaian, atau popoknya basah, kepanasan, kholik belum tentu karena kurang ASI.

Selain itu banyak resiko memberikan SUFOR pada bayi baru lahir, antara lain resiko kelebihan gula. Anak menjadi over weight, Diare atau malah konstipasi. Buang air kecil terlalu sering karena diberikan susu botol. Lebih repot kalau malam hari, harus bangun siapkan btol, steril botol dan lain-lain.

Banyak jalan untuk memperbanyak ASI . Apalagi zaman sekarang, semua pertanyaan ada jawabannya di google. saya sharingkan beberapa dan sesuai pengalaman ya ...
1. Perbanyak makan sayuran seperti daun katu, bayam, kacang-kacangan (kalau saran mama saya di santan putih biar tambah banyak; belum ada penelitian ilmiahnya ya )
2. Perbanyak minum air putih, selain sehat juga untuk memperlancar ASI.
3. Berpikir Positif, yakinlah bahwa ASI anda banyak karena itu akan mempengaruhi kuantitas ASI anda.
4. Tataplah wajah mungilnya, jadikanlah ia semangat untuk terus berusaha memberikan ASI. Karena pikiran kita juga bisa mempengaruhi.
5. Lakukan Inisiasi menyusui Dini (Sebelum melahirkan, kalau bisa survey dulu RS/Klinik yang pro ASI. Karena, bukan rahasia umum banyak RS yang masih belum Pro ASI)

Untuk yang sudah terlanjur, ketika awal menyusui dengan sufor coba lakukan tips berikut:

Minta bantuan orang terdekat seperti suami atau ibu. Buatlah sufor di gelas, dengan bantuan sendok coba tetesi di payudara ketika bayi anda menyusui. Gerakan menyusu bayi akan menstimulasi PD untuk memproduksi ASI lebih banyak. Memang harus ekstra sabar dan butuh kekuatan cinta yang besar untuk berjuang memberikan ASI pada si kecil

Selamat Berjuang Bunda Hebat...yuk jadikan anak kita anak ASI jangan anak SAPI :)

 photo banner-impian-468x60_zpsa86ebb79.gif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar