Senin, 18 Agustus 2014

Pertolongan Pertama Saat Bayi Muntah

Bunda..pasti panik bila melihat bayi kita muntah..apalagi kalau anak pertama dan belum ada pengalaman...Hal-hal dibawah ini bisa dilakukan jika si baby muntah...


  1. Jika bayi muntah dalam keadaan berbaring telentang, segera miringkan tubuhnya, atau diangkat setengah duduk agar muntahannya tak masuk ke saluran napas yang dapat menyumbat dan berakibat fatal. Segera seka bekas muntahan yang ada disekitar mulut bayi. Biarkan saja ia muntah sampai tuntas, jangan ditahan.
  2. Bila muntahan bayi keluar lewat hidung, segera bersihkan muntahannya dengan lap agar tak kembali terhirup. Jangan panic, ini normal karena mulut, hidung dan tenggorokan punya saluran yang berhubungan.
  3. Jika ia membaik dan tidak memuntahkannya, mulailah memberikan si kecil susu dan tingkatkan kuantitasnya secara bertahap (tergantung usia anak)
  4. Jika ingin memberikan susu atau cairan yang keluar akibat muntah, sebaiknya tunggu 5 – 10 menit kemudian atau jika kondisi si kecil sudah memungkinkan untuk diberikan kembali cairan atau susu sesuai kebutuhan si kecil.
  5. Jika muntah terus berlangsung, dan muntahannya menyembur kuat dari mulut, atau warnanya hijau kekuning-kuningan dan berbau busuk, atau disertai demam. Segeralah bawa ke dokter.
Salam Cinta
Dwi Apriana
ibu satu anak yang bingung waktu awal-awal melahirkan

Sumber foto : Koleksi hp pribadi alias model setia :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar